Setahun yang lalu saya dan temen-temen beli tiket promo Kuala Lumpur - Hongkong untuk bertujuh.
We may make our plans, but God has the last word.. Di menjelang keberangkatan jadinya yang berangkat cuma bertiga. Yang awalnya santai jadi mulai mikirin how to-nya liburan ini.. 1. Itinerary Sebisa mungkin bikin itinerary at least dua bulan sebelum keberangkatan.
Kenapa? Dari hasil riset saya, harga normal untuk hotel dan spot wisata
stabilnya ada di saat ini. Browsing sebanyak mungkin blog or vlog
orang orang yang liburan ke tempat tujuan. Pentingz bangetz pake z!
Kalo dapet promo murah, itu bonus. Itinerary saya boleh dibilang 90%
fix, bawaan golongan darah A nih. No plan b, karena positif thinking bakalan dilempangin gitu jalannya ama Tuhan dan ternyata memang lancar banget. Kalo kamu mau bikin plan b, that’s a lot more than okay. 2. Hotel Cerita dikit, jadi kita nanya temen yang udah pernah ke Hong Kong mengenai hotel. Tips: penting juga loh tanya tanya temen yang udah pernah ke tujuan destinasi kamu. Saran nya, book aja di booking.com,free cancellation. Tanpa mikir panjang, kita booked hotel yang sama dengan hotel yang pernah di-booked
sama temen saya ini, padahal lagi mahal (dan masih ga abis pikir kenapa
udah tahu mahal masih dibooked) dan jreng jreng jreng, pas ngecek ulang
ternyata ga free cancellation, kalo cancel kena total charge sejumlah
biaya hotelnya :( Tips penting, baca user policy kalo mau book hal ginian, booking.com memang free cancellation tapi ga untuk semua. Panjang cerita, jadi di booking.com ada keterangan kalo nemu harga lebih murah di website lain untuk hotel yang sama, selisih harganya
bakal dibalikin, karena di reservasi.com
lebih murah, kita apply dong, but sad ternyata ini berlaku untuk yang
free cancellation only. Aneh ya, kalo harus free cancellation condition
mendingan batalin terus book hotelnya dari website lain. Masih belum
nyerah, kita coba lagi ngehubungin hotel di Hong Kongnya, mereka
nyerahin ke booking.com. Yaudah kita nyerah, gapapa hotelnya mahal mau
gimana lagi, kalo kabur, ntar ip address kantor kelacak, malu-maluin kantor
hahaha -_- Menjelang seminggu keberangkatan, booking.comnya
problem, invalid credit card notification. Padahal selama ini adem ayem
aja. Jadi tiap hari kita ganti nomor credit cardnya, 24 jam dibilang
invalid lagi. Sampe akhirnya di H-1, kita pake
credit card
yang bulan lalu dipake transaksi internasional (beli iventurecard).
Kirain udah aman, eh pas hari H, udah sampe Kuala Lumpur, udah lewat
imigrasi, itu tu udah 15 menit sebelum take off ke Hong Kong, tiba tiba
ngecek handphone ada notif booking.com ngecancel bookingan hotel kita
karena invalid credit card. Panik dong tapi separuh hati lega
karena baca tulisan ‘you dont have to do anything’, karena yang
ngecancel pihak booking.comnya, kita ga kena charge apa apa.
Disisa 5 menit menuju take off, dengan mengandalkan wifi bandara, kita
book hotel di traveloka dengan harga dibawa setengah harga yang awalnya
saya booked. And voucher issued! Thanks God! 3. Buy it online Banyak tempat wisata nawarin tiket murah online di websitenya ataupun di website lain
daripada beli on the spot. Ini ngeuntungin banget terutama untuk low
budget traveller kayak saya. Pas browsing, saya nemu inventure
card~kartu andalan saya selama di Hong Kong. Cukup bayar sekitar 2,5
juta rupiah udah include 15 attractions di Hong Kong plus beberapa
fasilitas diskon. Kamu bisa cek di www.iventurecard.com atau www.klook.com.
The more sights you see, the more money you save.
Saya beli yang 5 hari. Yang 3 hari sebenernya lebih murah, tapi ga mungkin kesampaian semua deh. Terus pas ngecek website Madame Tussauds saya nemu tiket 1/3 harga lebih murah khusus untuk arrival time yang malam. Ah how I love surfing the internet! 4. Download aplikasi online Yang kamu butuhin yang pertama aplikasi mtr online karena kemana mana bakalan naik mtr, biar tahu interchange di stasiun mana dan exit terdekat yang mana. Yang kedua google map offline, butuh banget pas lagi di Macau Shenzen soalnya simcardnya Hong Kong only. Terus aplikasi Triposo buat nyari tempat makan terdekat. Dan aplikasi Disneyland untuk tahu waktu antri atraksi. 5. Pack ‘must have’ not 'just in case’
6. Money changer Sebelum
berangkat ke Hong Kong, saya tuker duit di Sun Plaza Medan, bisa dibilang terpercaya dibanding money changer berderet
di luarnya. Pas sampe di Hong Kong, ternyata di Chungking Mansion ada
money changer yang punya top rate. Bahkan rate buy ama rate sell nya
tetep lebih oke di Hong Kong. Namanya Kin Shing Money Exchange (KSME)
warna ijo gitu. Top rate deh saya jamin. Mending tuker banyaknya di Hong
Kong aja lumayan kan selisihnya bisa buat beli tambahan gantungan kunci
disney yang lucu lucu :)
No comments:
Post a Comment