Saturday, 20 May 2017

Tips Liburan Backpacker ke Hong Kong

Setahun yang lalu saya dan temen-temen beli tiket promo Kuala Lumpur - Hongkong untuk bertujuh. We may make our plans, but God has the last word.. Di menjelang keberangkatan jadinya yang berangkat cuma bertiga. Yang awalnya santai jadi mulai mikirin how to-nya liburan ini..

1. Itinerary
Sebisa mungkin bikin itinerary at least dua bulan sebelum keberangkatan. Kenapa? Dari hasil riset saya, harga normal untuk hotel dan spot wisata stabilnya ada di saat ini. Browsing sebanyak mungkin blog or vlog orang orang yang liburan ke tempat tujuan. Pentingz bangetz pake z! Kalo dapet promo murah, itu bonus. Itinerary saya boleh dibilang 90% fix, bawaan golongan darah A nih. No plan b, karena  positif thinking bakalan dilempangin gitu jalannya ama Tuhan dan ternyata memang lancar banget. Kalo kamu mau bikin plan b, that’s a lot more than okay.

2. Hotel
Cerita dikit, jadi kita nanya temen yang udah pernah ke Hong Kong mengenai hotel. Tips: penting juga loh tanya tanya temen yang udah pernah ke tujuan destinasi kamu. Saran nya, book aja di booking.com, free cancellation. Tanpa mikir panjang, kita booked hotel yang sama dengan hotel yang pernah di-booked sama temen saya ini, padahal lagi mahal (dan masih ga abis pikir kenapa udah tahu mahal masih dibooked) dan jreng jreng jreng, pas ngecek ulang ternyata ga free cancellation, kalo cancel kena total charge sejumlah biaya hotelnya :( Tips penting, baca user policy kalo mau book hal ginian, booking.com memang free cancellation tapi ga untuk semua.
Panjang cerita, jadi di booking.com ada keterangan kalo nemu harga lebih murah di website lain untuk hotel yang sama, selisih harganya bakal dibalikin, karena di reservasi.com lebih murah, kita apply dong, but sad ternyata ini berlaku untuk yang free cancellation only. Aneh ya, kalo harus free cancellation condition mendingan batalin terus book hotelnya dari website lain. Masih belum nyerah, kita coba lagi ngehubungin hotel di Hong Kongnya, mereka nyerahin ke booking.com. Yaudah kita nyerah, gapapa hotelnya mahal mau gimana lagi, kalo kabur, ntar ip address kantor kelacak, malu-maluin kantor hahaha -_-
Menjelang seminggu keberangkatan, booking.comnya problem, invalid credit card notification. Padahal selama ini adem ayem aja. Jadi tiap hari kita ganti nomor credit cardnya, 24 jam dibilang invalid lagi. Sampe akhirnya di H-1, kita pake credit card yang bulan lalu dipake transaksi internasional (beli iventurecard). Kirain udah aman, eh pas hari H, udah sampe Kuala Lumpur, udah lewat imigrasi, itu tu udah 15 menit sebelum take off ke Hong Kong, tiba tiba ngecek handphone ada notif booking.com ngecancel bookingan hotel kita karena invalid credit card. Panik dong tapi separuh hati lega karena baca tulisan ‘you dont have to do anything’, karena yang ngecancel pihak booking.comnya, kita ga kena charge apa apa. Disisa 5 menit menuju take off, dengan mengandalkan wifi bandara, kita book hotel di traveloka dengan harga dibawa setengah harga yang awalnya saya booked. And voucher issued! Thanks God!

3. Buy it online
Banyak tempat wisata nawarin tiket murah online di websitenya ataupun di website lain daripada beli on the spot. Ini ngeuntungin banget terutama untuk low budget traveller kayak saya. Pas browsing, saya nemu inventure card~kartu andalan saya selama di Hong Kong. Cukup bayar sekitar 2,5 juta rupiah udah include 15 attractions di Hong Kong plus beberapa fasilitas diskon. Kamu bisa cek di www.iventurecard.com atau www.klook.com. The more sights you see, the more money you save. Saya beli yang 5 hari. Yang 3 hari sebenernya lebih murah, tapi ga mungkin kesampaian semua deh. Terus pas ngecek website Madame Tussauds saya nemu tiket 1/3 harga lebih murah khusus untuk arrival time yang malam. Ah how I love surfing the internet!

4. Download aplikasi online
Yang kamu butuhin yang pertama aplikasi mtr online karena kemana mana bakalan naik mtr, biar tahu interchange di stasiun mana dan exit terdekat yang mana. Yang kedua google map offline, butuh banget pas lagi di Macau Shenzen soalnya simcardnya Hong Kong only. Terus aplikasi Triposo buat nyari tempat makan terdekat. Dan aplikasi Disneyland untuk tahu waktu antri atraksi.

5. Pack ‘must have’ not 'just in case’

  • Jeans 2 aja cukup
  • Sepatu 1, sendal 1
  • Backpack 1 tapi mending bawa koper sih ga berat bawanya, thanks buat penemu trolley!   
  • For the true gadget-lovers, extension cord is a must have 
  • Botol minum untuk saving money, isi ulang tiap ketemu drinking water fountain.
  • Makanan buat sarapan include saos soalnya imo makanan di Hong Kong hambar.
  • Umbrella, cap, rain coat and lots of patience.  

6. Money changer


image
Sebelum berangkat ke Hong Kong, saya tuker duit di Sun Plaza Medan, bisa dibilang terpercaya dibanding money changer berderet di luarnya. Pas sampe di Hong Kong, ternyata di Chungking Mansion ada money changer yang punya top rate. Bahkan rate buy ama rate sell nya tetep lebih oke di Hong Kong. Namanya Kin Shing Money Exchange (KSME) warna ijo gitu. Top rate deh saya jamin. Mending tuker banyaknya di Hong Kong aja lumayan kan selisihnya bisa buat beli tambahan gantungan kunci disney yang lucu lucu :)

No comments:

Post a Comment

8 Days in Thailand! Day-8 Home!

17 February 2018 Hari ini kita balik ke Indonesia. After all the moments we spent together, finally we made it.. Perjalanan di Thailand ti...